Surat Kecil Untuk Tuhan


Surat Kecil Untuk Tuhan
Sutradara: Harris Nizam
Bintang: Alex Komang, Dinda Hauw, Esa Sigit, Dwi Andika
Menghadapi kenyataan dirinya menderita kanker ganas mematikan, Keke berjuang untuk hidup normal layaknya gadis remaja pada umumnya. Kisah haru gadis remaja berusia 13 yang dikemas dalam film ini diharapkan mampu menginspirasi banyak orang.
Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi

Agar aku bisa memberikan kebahagiaan
kepada ayah dan sahabat-sahabatku…

Itu adalah sepenggal puisi yang ditulis Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke. Sebuah surat kecil yang ditulisnya menjelang menghadap Ilahi. Kisah hidup Keke adalah perjuangan hidup remaja belasan tahun yang mengharukan. Keke (diperankan Dinda Hauw) harus menerima kenyataan di usianya yang teramat belia, 13 tahun, dia harus menderita penyakit kanker jaringan lunak yang mematikan atau dikenal dengan Rhabdomyosarcoma.

Sebagai remaja, Keke sosok yang cantik dan ceria. Dia termasuk beruntung karena lahir dari keluarga yang mapan. Kehidupan Keke berlimpah kasih sayang.  Ayah dan kedua abangnya sangat mencintai Keke. Dia juga punya 6 orang sahabat dekat dan seorang pacar, Andy (Esa Sigit) yang menyayanginya dengan sepenuh hati. Tapi, kehidupan yang tampak sempurna itu berubah ketika dia divonis kanker yang bisa membunuhnya dalam waktu 5 hari. Kanker tersebut membuat wajah cantiknya terlihat buruk karena menggerogoti bagian kiri wajahnya. Ditambah lagi Keke harus menjalani kemoterapi dan radiasi sehingga membuat rambut indahnya semakin hari semakin rontok dan kulitnya pun bersisik karena terlampau kering.

Meski terpukul dan sedih dengan kenyataan yang dihadapinya, tapi Keke tetap berjuang agar bisa hidup dan sekolah seperti gadis normal lainnya.  Keke bisa bertahan hidup hingga 3 tahun lamanya, dan berhasil mewujudkan mimpinya lulus SMP dan masuk SMA meski hanya satu hari, sebelum dia akhirnya menyerah pada penyakit kankernya. Kisah Keke pun menjadi inspirasi jutaan pembacanya yang tersentuh, dan khususnya bagi penderita kanker yang masih berjuang untuk sembuh.

Gundul demi Peran
Kehadiran film Surat Kecil untuk Tuhan (SKUT) turut meramaikan perfilman nasional kita. Buat kamu pecinta film-film dalam negeri, jangan sampai melewatkan nonton SKUT. Soalnya film ini bisa menginspirasi kita untuk enggak menyerah dengan keadaan, sesulit apapun itu. Karena diangkat dari kisah nyata dan diadaptasi dari novel, film ini jadi tantangan tersendiri buat sutradara, Harris Nizam dan para pemainnya, untuk bisa menyampaikan pesan moral agar enggak mudah menyerah dan tetap semangat dalam menjalani hidup. Karena diadaptasi dari novel, SKUT mengalami penyesuaian naskah. Tapi, hal itu enggak mengurangi harunya kisah hidup Keke. Mereka yang terlibat dalam SKUT berharap film ini enggak mengecewakan penonton yang sudah lebih dulu membaca kisah Keke lewat novelnya yang ditulis oleh Agnes Davonar.

Selain cerita yang menarik, film ini diperkuat oleh permainan akting artis pendatang baru, Dinda Hauw. Demi kesempurnaan peran sebagai seorang penderita kanker, Dinda rela membabat rambut indahnya sampai botak. Sempat juga sih ditentang ortu, tapi untuk totalitas peran, Dinda bela-belain dan akhirnya sang Mama mengalah dan membolehkan Dinda mencukur habis rambutnya. Dinda yang kelahiran 14 November 1996 terpilih sebagai pemeran utama SKUT, menyingkirkan 6500 peserta lewat audisi yang dilakukan di Yayasan Al Kamal, tempat almarhumah Keke bersekolah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Surat Kecil Untuk Tuhan"

Posting Komentar